MEMUAT NASKAH 2

1A. SEBUTKAN KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PEMUATAN DGN CONTAINER DIBANDINGKN DGN KPL2 KONVENSIONAL? JAWAB: KEUNTUNGANNYA 1-Muat dan bongkar dapat dilakukan dg cepat,aman dan ekonomis.2-Biaya stevedoring kecil karena buruh sedikit.3-pelayanana yang mudah karena muat dan bongkar dilakukan oleh sedikit orang saja.4-Mengurangi resiko kerusakan barang dan pencurian muatan berharga.5-Ansuransi menjadi lebih murah / polisnya kecil.6-Door to do service operation.

KERUGIANNYA:

1-Investasi besar(kapal,container yard, gentry crane dan contasiner).2-Memerlukan lapangan peti kemas yang luas.3-Jalan2 dan jembatan harus sesuai dgn berat dan panjangnya container.4-Memerlukan modal transportasi yg standart serta jumlah peti kemas yang banyak.5-Memerlukan SDM yg terampil.

1B. SEBUTKAN SYARAT2 SEBUAH PETI KEMAS MENURUT ISO? JAWAB:1-Mempunyai sifat tetap, cukup kuat untuk dipergunakan berkai-kali.2-Dirancang khusus agar menuhi  syarat2 pengangkutan barang,dg lebih dari satu kali angkutan, tanpa membongkar isinya. 3-Dilengkapi dg peralatan yg memungkinkan ready handling terutama dari caravangkutan satu ke cara angkutan lainnya.4.-Mempunyai ruangan dalam (internal volume) 1m persegi atau 35,8 kaki kubik lebih.

2 . JELASKAN APA YG ANDA KETAHUI DENGAN IMDG CODE SESUAI DG SOLAS?

-IMGD Code adlah international maritime dangerous good’s code yaitu aturan mengenai muatan barang berbahaya mnrt SOLAS 74 chapter VII yg dikeluarkan oleh IMO.

-IBC Code adlh internastional bulk chemical code yaitu peraturan international utk konstruksi danperlengkpn kapal2 yg membawa chemical dalm bentuk curah,IBC code ditetapkan oleh MSC (maritime safty commite organization).

-INF Code / international code for the  safe carrier of packaged irradiated nuclear fuel (INF) , Plutonium and high level radioactive wastes on board ship.Peraturan2 yg harus dipenuhi oleh kapal2 yg mengangkut bahan2 yg beradiasi tinggi dan limbah2 radioaktif diatas kapal, INF Code ditetapkan oleh MSC diatur dalam Chapter VII SOLAS 74.

3A. DLM CARGO HANDLING OPERATION LNG/LPG KITA MENGENAL DRYING, JELASJKAN PENGERTIAN TSBT? JAWAB:

DRYING /Pengeringan adlah proses pengeringanb utk mengeluarkan nkelembban dr tanki muat,saluran pipa2 dll dgn tujuan menurunkan titk embun serta mencegah terbntknya es, drying dpt dilakkn dgn bbrp cara tapi cara yg paling umum adlh dgn menggunakan pengering udara.

3B> gambarkan schematic diagram air drying operation?Jawab: gambar sendiri

4. kapal muat di jaya pura tujuan Kobe melalui Singapore.Disingapore dimuat 800 ts muatan dan mengisi FO & FW secukupnya,pada saat tolak dari jaya pura,dikapal ada FO 310 tons dan FW 80 tons, Data Kapal: Summer DWT 9000 ts, Summer Draft : 8,2 meter,TPC :17 tons, Daily Consumsition FO = 20 tons & FW 4ton, Dikapal harus ada cadangan untuk 3 hari untuk FO & FW. Data pelayaran : jaya pura- singapore = 10 hari didaerah tropic,Singpr-Kobe 13 hari terdiri dari 3 hari di tropic,  7 hari di summer dan 3 hari di winter.

A-Hitung brp FO & FW yg dimuat di singpr? .

B-Brp ton muatan yg dpt di muat dijaya pura? Jawab:FO=

Jaya pura – sin – 10 x 20 = 200 ts.

Sin – Kobe              13 x 20 = 260 ts.

cadangan –               3 x 20  =   60 ts.

—————————————–(+)

total kebutuhan                    = 520 ts.

sisa di kapal                            =310 ts.

——————————————(-)

FO yg hrs diisi disingpr     =210 ts.

FW:

jaya pura – singpr 10 x 4   =  40 ts.

Singpr – Kobe          13 x 4   =   52 ts.

Cadangan                    3 x 4   =    12 ts.

——————————————-(+)

total kebutuhan                     = 104 ts.

sisa dikapal                              =    80 ts.

——————————————(-)

FW yg harus diisi di singpr =  24 ts.

FO & FW yg diisi di sngpr : FO = 210 ts, Fw=24 ts.

B). Summer DWT=  9000 ts . summer draft =8,2 mtr = 820 cm. TPC = 17 ts.

Kor  Summer-Tropic =  (1/48 x S.draft x TPC) :

1/48 x820 cm x 17 ts = 290,417 ts.

tropic (t)DWT  9000 ts + 290,417 ts = 9290.417 ts.

——————————————————————-

Koreksi summer winter(1/48 x S.draft x TPC) : 1/48 x820 cm x 17 ts = 290,417 ts.

WINTER dwt (tiba di X)=9000-290,417=8709.583 ts.

Faktor Cons.Y-X(7hari)=7x(20+4)         =    168.000 ts.

——————————————————————–+

DWT tiba di Y                                                     = 8877.583 ts.

faktor cons.sin-y(3hari)=3x(20+4)         =       72.000 ts.

——————————————————————–+

DWT tolak di sngpr                                           = 8949.583 ts.

Cargo di sin                                                         =   800.000 ts.

FO & FW (210 +24)                                          =     234.000 ts.

—————————————————————— (-)

DWT TIBA DI SINGPR                                     = 7915.583 ts.

faktor cons jaya .p-singpr:10 x (20 + 4) =    240.000ts.

——————————————————————-+

DWT tolak jaya pura                                        = 8155.583 ts.

FO & FW dikapal ( 310 + 80 )                       =    390.000ts.

——————————————————————(-)

muatan yg dpt dimuat di jaya pura          =   7765.583 ts.

SOAL MEMUAT NASKAH 3

1A. Sesuai Solas 1974 Chapter VII reg.2 muatan berbahaya dibagi dlm 9 class sebutkan? Jawab:

Class1.    Eksplosif/bahan peledak atau barang yg mempunyai bahaya ledakan.

Class2.    Gas.

Class3.    Inflammable liquid/cairan yg dapat menyala.

Class4.1. Imflammable Solids/ benda padat yg dapat menyala.

Class4.2. Bahan yg dpt menyala yg berupa cairan atau padat yg dapat mengeluarkan  uap panas.

Class4.3  Bahan padat atau cair yg dpt mengeluarkan gas dan dapat terbakar bila bercampur dengan air.

Class5.1. Oksidising agent, benda atau  zat yg mengandung zat asam.

Class5.2. Organic peroxides, benda yg beroksidasi dan dapat menyala/terbakar dgn cepat.

Class6.    Posionous substance, benda padat yg beracun.

Class 7.    Benda radio aktif.

Class 8.   Corrosive, Benda yg menimbulkan karat.

Class 9.   Jenis benda lain yg berbahaya yg tidak termasuk salah satu dari golongan diatas.

1B. Jelaskan artinya masing 2 code berikut ini:

IMDG code: International maritime dangerous good  aturan mengenai barang berbahaya menurut SOLAS 74 CHAPTER VII yg dikeluarkan oleh IMO.

IBC CODE : international BULK CHEMICAL adalah peraturan international utk konstruksi dan perlenkapan kapal2 yg membawa chemical dalam bentuk curah, IBC code ditetapkan oleh MSC ( MARITIME SAFETY COMMITTEE ORGANIZATION)

INF code: international code for the safe carrier of package irradiated nuclear fuel, plutonium and high level  radioactive waste on board ships. Peraturan2 yg hrs dipenuhi oleh kapal2 yg mengangkut bahan2 yg beradiasi tinggi dan limbah2 radio active di atas kapal. INF code ditetapkan oleh MSC diatur di dalam SOLAS 1974 Chapter VII.

MEMUAT NASKAH 4

1A. Apa yg dimaksud dgn bagan pemadatan (Stowage plan)?Jawab:   -Stowage plan adalah suatu gambar / denah suatu rencana pemuatan di kapal.

B. Siapakah yang bertanggung jawab merencanakan pemuatan di atas kapal?jawab: – Nakhoda sbg pennanggung jawab yang tugasnya di delegasikan kepada  CHIEF MATE.

c.JELASJKAN PERBEDAAN ANTARA TENTATIVE STOWAGE PLAN DAN FINAL STOWAGE PLAN? Jawab:

-Tentative stowage plan : stowage plan yg disusun  sesuai cargo booking list atau muatan yg terdaftar untuk dimuat dikapal.

-Final stowage plan: Stowage yg di susun setelah muatan dimuat dikapal sesuai dengan skala yg sebenarnya jelas dgn pelayaran tujuan, jumlah muatan, jenis muatan, berat muatan dan merkah muatan bila ada.

2A. Sebuah kapal container memiliki daya angkut 600 teus. apa maksud istilah tersebut, jelaskan seperlunya? Jawab:

2A.Daya angkut 600 teus berarti kapal tersebut mampu mengangkut container 600 unit ukuran 20 feet per unit atau 300 unit container jika ukuran container 40 feet per unit.

2B. Hal2 apa saja yang hrs anda persiapkan jika anda akan memuat muatan berat di atas geladak? Jawab:2b.Sebelum memuat yg hrs dipersiapkan adalah:

-Deck load capacity, – Ship stability, -Dunn age, -Alat-alat lashing,  – Tinggi muatan ,   – Posisi muatan, -Jenis muatan.

3. Sebuah tangki berukuran 1415 m3 dengan tinggi 7,6 m akan dimuati minyak dengan Bj= 0,85 hingga  mencapai ullage o,5 m. Dalam pemuatan tsbt digunakan hose yg berdiameter 0,2, dgn kecepa6tan mengalir minyak dlm hose 2 mtr/detik. Hitung:

A.Berapa minyak yang dapat dimuat dlm ton? Jawab:

A. Innage = Tinggi tangki – Ullage.

= 7,6 – 0,5 = 7,1 mtr.

V. tangki = 1415/7,6 x 7,1 = 1321,9 m3.

Muatan yg bisa di muat= V.tangki x bj.minyak = 1321,9 m3 x 0,85 = 1123,615 tons.

B.Waktu yg dibutuhkan untuk memuat :

R.of  = P x r2 x kecepatan = 22/7 x (0,1)2 x 2 = 3,14 x 0,01 x 2 = 0,06286 m3/ detik. T = V/ R.of x 1/3600 = 1321,9/0,06286 x 1/3600 = = 5 jam 50 menit 39 detik.

4. Kapal anda tiba di suatu pelabuhan dn sarat rata2 5,105 m sedangkan sisa ruangan 50 m3 dan sisa daya muat 50 tons. Dipelabuhan ini dibongkar muatan A=200 tons dengan SF = 1 m3/ton, dan dimuat muatan B dgn SF = 1,4 m3 ditanya.

A. Hitung muatan B yg dapat di muat (ton)? Jawab :

- Bongkar muatan A 200 tons dgn SF 1 m3/ton jadi volume muatan  A =200×1 m3 = 200m3.  sisa ruang muat = 50 m3. Total Vol. yg dapat di muati = 250 m3.

A. Jadi muatan B yg dapat di muati : 250/1,4 = 178,57 tons.

Yang dibongkar  =  200     ton.

Yang dimuat       =  178,57 ton.

—————————–( – )

^ Sarat                =    71,43 / 7,5 = 9,524 cm = 0,095 m

Sarat awal           =                                                5,105 m

——————————————————-

B. Sarat Tolak   =                                                5,010  m.

5. Sebuah kapal dengan daya angkut  muat mati (DWT) 3000 ton memiliki kapasitas ruangan muat sebesar 3396 m3. Dikapal anda sudah tersedia 200 ton bahan bakar, 100 ton air tawar dan 50 ton perlengkapan lainnya (store).Muatan yg tlh dimuat sebanyak 700 ton dgn factor pemuatan (stowage factor) 1,8 m3/ton, selanjutnya kpl tsbt akan dimuati lagi dgn muatan lain yg mpnyai ukuran 0,9 m x 0,8 m x 0,6m dgn berat 225 kg. Broken stowage dlm hal ini 10 %. Ditanya Jumlah koli yg masih dapat di muat ? Jawab :

Vol. ruang muat seluruhnya           = 3396 m3

Vol. Muatan yg terpakai                 = 1260 m3 (700 x 1,8)

——————————————————-

Vol. Ruang muat yg dapat dimuati = 2136 m3.

Vol.Peti = 0,9 x 0,8 x 0, 6 = 0,432 m3 dgn berat 225 kg

SF peti = 1000x 0,432 / 225 = 1,92 ton /m3.

Berat yg dapat dimuat = 2136 x (1 – 0,1) /1,92 = 1001 ton.

Jumlah peti yg dpt dimuat = 1001/0,225 = 4448 biji.

About these ads

Tentang Capt.Luthfie

saya lahir tahun 1973 di desa krengseng,gringsing, jawa tengah dan sekolah sma tinggal di weleri dan pada tahun 1992 di semarang masuk akademi maritim nasional indonesia selesai di kampus 1995 dan prola/cadet pada th 1996 di perusahaan meratus surabaya selesai th 1997 masuk kampus lagi dan pegang MPB III setelah itu joint di kapal log pt.kayu lapis indonesia kaliwungu sampai 1998 barulah mulai itu masuk dalam dunia offshore sampai sekarang dan sekarang saya sedang training untuk pengoperasikan MODU [MOBIL OFFSHORE DRILLING UNIT]Rig.Seapup yang beroperasi di laut jawa lokasi pertamina hilir energy.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s